Yuk Belanja Tanpa Nyampah, Pilah Sampah Itu Mudah Loh


Yuk Belanja Tanpa Nyampah, Pilah Sampah Itu Mudah Loh. Ngobrolin masalah sampah, bikin pengen lari gak seh hahaha itu saia aja mungkin yak, apalagi klo udah ditowel masalah sampah emosi bawaannya mau kabur aja hahahaha.

Nah ada fakta menarik nih tentang sampah, Permasalahan sampah merupakan permasalahan pelik yang harus ditanggulangi bersama – sama dikarenakan setiap tahunnya dihasilkan 65.8 juta ton sampah di Indonesia dengan tingkat pemilahan sampah di masyarakat yang masih rendah. Faktanya, Indonesia menyumbang 1,29 MMT (million metric tons) sampah plastik ke laut setiap tahun.

Seiring berjalannya waktu, sudah banyak program yang dicanangkan untuk mengatasi permasalahan dalam mengelola sampah. Salah satunya dengan cara memilah sampah, gampangnya dibedakan menjadi dua jenis, Sampah yang bisa di daur ulang dan Sampah Organik. Terlihat dengan mulai banyaknya ditemukan fasilitas umum berupa tong sampah unik berdasarkan jenisnya.

Namun kembali lagi, ternyata permasalahan utamanya adalah kesadaran masyarakat akan pentingnya pemilahan jenis sampah ini tergolong masih rendah.

Menyadari hal itu, Unilever Indonesia dan Hypermart berkampanye mengajak konsumen untuk memilah sampah di rumah dan menyalurkannya ke dropbox yang ada di 3 toko Hypermart (Hypermart Pakuwon, Hypermart Sidoarjo dan Hypermart East Coast) melalui program Belanja Tanpa Nyampah, Pilah Sampah itu Mudah selama periode Desember 2017 – Pebruari 2018.

Kampanye ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya memilah sampah demi mengurangi timbunan sampah di alam ataupun di tempat pembuangan akhir (TPA).

Hahaha saia ketowel juga ni, kurang sadar pentingnya memilah sampah mulai dari sampah rumah tangga. Biasanya, sampah apapun yaudah masukin dalam satu wadah. Enggak kepikiran musti dipilah lagi, sampah ya sampah hihihi don’t try this at home 😀

Menurut Ibu Maya Tamimi, Selaku Head of Environtment and Sustainability Yayasan Unilever Indonesia, “Unilever percaya bahwa permasalahan sampah akan bisa diatasi jika semua pihak bekerjasama, untuk itu Unilever merasa perlu menggandeng banyak pihak salah satunya ritel seperti Hypermart untuk sama – sama menggalakkan edukasi mengenai pentingnya pilah sampah di tataran rumah tangga.”

Ibu Maya menambahkan, konsumen memiliki peranan penting dalam mengurangi sampah di alam atau TPA, karena semua upaya dimulai dengan mengurangi dan mengelola sampah di tingkat rumah tangga. Apalagi klo ada reward langsung nya juga, hahahaha saia banget ini ada iming – iming hadiah langsung semangat pilah sampah.

Project Zero Waste To Nature. Konsumen diajak ngumpulin minimal 5 kemasan produk unilever plus pembelian produk unilever minimal tiga puluh ribu di Hypermart bisa dapetin gift berupa tas blueband, tas clear, hand towel, pouch tresemme. Gimana, bikin semangat kan pilah sampah di rumah 😀

“Kerjasama Unilever dengan Hypermart didasari oleh persamaan visi untuk mengurangi sampah kemasan yang terkirim ke tempat pembuangan akhir ataupun ke alam seperti lautan, yang dimulai dari skema pengumpulan sampah kemasan. Sebagai ritel, Hypermart merasa perlu ambil bagian dengan berpartisipasi menyediakan dropbox pengumpulan sampah di beberapa toko Hypermart di Surabaya.” ujar Bapak Danny Kojongian selaku Corporate Communications Director & Corporate Secretary PT. Matahari Putra Prima Tbk.

Kampanye ini salah satu upaya mengubah pendekatan pengelolaan sampah yang sebelumnya menggunakan pendekatan linear economy (ambil – pakai – buang) menjadi circular economy, mengubah cara pandang terhadap plastik kemasan bekas pakai, tidak sebagai sampah, tetapi sebagai sebuah komoditas yang berpotensi untuk dikembangkan dan memiliki nilai. Misalnya, sampah kemasan produk tidak sampai ke alam namun di daur ulang kembali jadi kemasan produk baru.

Dari kampanye ini, diharapkan sampah tidak terbuang ke alam bebas dan diharapkan masyarakat menganut gaya hidup modern dengan sudah memilah sampah dari rumah masing – masing 🙂

Yuk Belanja Tanpa Nyampah, Pilah Sampah Itu Mudah Loh 😉

Advertisements

6 thoughts on “Yuk Belanja Tanpa Nyampah, Pilah Sampah Itu Mudah Loh

  1. Andi Nugraha says:

    Hal seperti ini memang harus di biasakan ya, Teh. Mulai dari hal yang kecil, setiap makan apa, sampahnya harus langsung dibuang..

    diarymahasiswa.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s