Philips AVENT Peringati Pekan Menyusui Sedunia, Luncurkan Program Edukasi New Parents Class


Philips AVENT Peringati Pekan Menyusui Sedunia, Luncurkan Program Edukasi New Parents Class. World Breastfeeding Week alias Pekan Menyusui Sedunia jatuh pada tanggal satu hingga tujuh Agustus 2016. Euforia sudah terlihat dimana saja, Alhamdulillah ya sejauh ini semakin banyak yang peduli mengenai pentingnya menyusui bayi hingga 2 tahun lamanya dan merasakan manfaat besar yang terkandung didalamnya, tak terkecuali Philips AVENT 🙂

Sabtu, 30 Juli 2016 bertempat di Ballroom Java Paragon Hotel Surabaya. Philips AVENT yang memiliki sejarah panjang dalam menyediakan inovasi penuh makna untuk kehidupan orang banyak, meluncurkan program edukasi yakni “Philips AVENT New Parent Class”,  merupakan program pembekalan sekaligus praktik langsung bagi calon orang tua oleh para ahli mengenai Manajemen Laktasi, Perawatan Bayi dan Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Manajemen Laktasi. Menyusui adalah proses alami, namun tetap butuh waktu untuk mendapatkan teknik yang pas bagi bayi dan ibu. Tingkat keberhasilan dan kepercayaan diri merupakan faktor penting bagi seorang ibu untuk dapat memberikan ASI eksklusif. Rasa percaya diri ibu, tentu saja, dapat diperoleh ketika ibu terinformasi dengan baik mengenai ASI eksklusif dan perannya untuk menjadi orang tua yang baik. Dukungan di rumah dari ayah juga terbukti meningkatkan keputusan ibu untuk terus memberikan ASI.

Sesi pertama ini dikawal oleh seorang dokter spesialis anak yang kiprahnya di dunia kedokteran sangat diacungi jempol. Tak hanya berperan sebagai dokter spesialis anak, beliau juga melabeli diri sebagai konselor ASI dan menyusui. Yuk kenalan sama dr. Dian Pratamastuti, Sp.A yang sehari-hari praktik di RS. Siloam Surabaya.

“Keberhasilan pemberian ASI bergantung pada faktor internal dan eksternal. Mengetahui dan memahami bagaimana mengelola ASI, dengan teknik, tips dan trik, akan membantu orang tua untuk merasa lebih nyaman dan siap. Dengan pengetahuan yang cukup dan dukungan tidak hanya dari suami tetapi juga dari lingkungan sekitar, ibu akan memiliki kenyamanan yang dia butuhkan dalam membangun kepercayaan diri untuk menghasilkan ASI yang cukup bagi bayinya.” ujar dokter Dian.

Sedari tadi ngomongin pentingnya memberikan ASI eksklusif, udah pada tau kan manfaat ASI 😀 Nah, ada satu momen vital namun masih jarang disadari oleh kebanyakan ibu termasuk saia dulu hehehe, yakni momen keluarnya ASI awal alias cairan emas yang dinamakan Kolostrum. Kolostrum ini keluar ketika ibu baru saja melahirkan bayinya, untuk itu lah aktifitas Inisiasi Menyusui Dini wajib didapatkan ibu dan bayi.

Mengapa disebut cairan emas?

Kolostrum mengandung full antibodi yang melindungi terhadap alergi dan infeksi, mengandung sel darah putih yang melindungi dari infeksi, mengandung pencahar yang membersihkan mekonium dan mencegah kuning pada bayi, mengandung faktor pertumbuhan yang mempercepat kematangan usus, mengandung tinggi vitamin yang dapat menurunkan beratnya infeksi.

Rumit ya menyusui itu bu ibuuuu tapi tetep semangat dunk hehehe. Ratna Kurniawati, Marketing Manager Mother and Child Care, Philips Personal Health Indonesia mengatakan, “Untuk membangun kepercayaan diri dan dukungan tidak hanya bagi ibu, tetapi juga bagi ayah, Philips AVENT bersama dengan 12 rumah sakit ternama membantu para calon orang tua baru dalam menyambut buah hati dan memberikan awal terbaik dalam hidupnya,”

Lebih lanjut Ratna mengatakan “Philips AVENT New Parents Class” ini adalah bagian dari upaya meneruskan komitmen dalam mendukung pemberian ASI eksklusif sesuai dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) agak ASI eksklusif diberikan hingga bayi berusia 6 bulan. Philips AVENT berkomitmen untuk mendukung ibu di setiap tahapan agar dapat menyusui lebih lama.

Banyak ya faktor penyebab ASI tidak cukup dan pasti membuat ibu mendekati ambang batas menyerah pada kondisi tertentu. Hal utama yang perlu diingat seorang ibu, rileks kunci suksesnya. Temukan ketenangan, suasana rileks dan nyaman. Lakukan latihan pernapasan atau mendengarkan musik selama 10 – 15 menit. Just enjoy the process mom 🙂

Perawatan Bayi. Sesi kedua ini dibimbing oleh dr. Stefanie, Sp.KFR yang sehari-hari praktik di Rumah Sakit Nasional Surabaya. Dokter cantik ini mau ngajarin qta cara merawat bayi, lebih tepatnya memijat bayi. Gak cuman emaknya aja yang butuh pijat cyiinnn, bayi pun sama. Mengapa bayi juga perlu dipijat? Apa manfaatnya?

Pijat bayi adalah momen yang sangat intim, sebab melibatkan skin to skin contact. Dipijat tuh hal yang menyenangkan ya, begitu juga yang dirasakan bayi. Bayi sejak dini sudah boleh dipijat loh, manfaatnya besar bagi ibu dan anak, apalagi klo bukan untuk menciptakan bonding antara keduanya. Manfaat lainnya masih banyak lagi, salah satunya meningkatkan imunitas bayi, melatih respon syaraf bayi.

Kebanyakan ibu masih takut – takut mau memijat bayinya, lebih mempercayakan ke orang lain untuk urusan pijat ini termasuk saia dulu hahaha. Padahal ya bayi pasti lebih suka ditowel – towel emaknya sendiri hihihi. Gampang banget sebenarnya tapi sebelum memijat dipersiapkan dulu ya, bersihkan tangan dan lepas assesoris yang bisa melukai kulit bayi seperti cincin, gelang, dll. Minta ijin dulu ya sama bayi biar gak kaget klo mau diremas – remas bagian tubuhnya hehehe, ajak ngobrol selama proses pemijatan berlangsung dan jangan lupa tatap matanya biar hidup komunikasinya. Selamat Bermesraan 🙂

Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI). Ini sesi terakhir yang makin membuat heboh audience, masak yuuuk. Sesi ini dipandu dr. Bambang Wirdjadmadi, MS, MCN dari Rumah Sakit Husada Utama Surabaya. Ketika bayi menginjak usia 6 bulan, saatnya diberikan makanan tambahan selain ASI. Mengapa usia 6 bulan ? Karena di usia ini organ bayi sudah semakin sempurna dan siap menerima asupan selain ASI secara bertahap teksturnya.

Banyak produk-produk instan yang ditawarkan tetapi saia lebih suka membuat sendiri makanannya. Di awal usia 6 bulan ini, bayi cukup diberi pure buah, lidahnya perlu dikenalkan rasa buah yang manis asem kecut, begitu pula aneka sayur yang rasanya lebih beragam. Hal penting yang dijadikan panduan, sebelum usia anak menginjak satu tahun, tidak perlu ditambahkan gula dan garam pada makanannya.

Gizi seimbang diperlukan anak untuk pertumbuhan, perkembangan, kecerdasan, pemeliharaan kesehatan dan aktivitas lain-lainnya. Kelas edukasi pun usai, satu catatan penting yang terngiang di benak saia. Merujuk seruan – seruan para ahli untuk benar – benar memperhatikan 1000 hari masa pertumbuhan anak, hendaknya para orang tua tak luput dalam mempersiapkan segala kebutuhan anak di masa keemasannya (golden age).

Lebih dari 30 tahun, Philips AVENT terus berinovasi dalam menanggapi perubahan gaya hidup dan kebutuhan ibu dan bayi, dari mulai pompa ASI sampai dengan botol susu natural. Produk – produk inovatif Philips AVENT merupakan sahabat para ibu.

Advertisements

2 thoughts on “Philips AVENT Peringati Pekan Menyusui Sedunia, Luncurkan Program Edukasi New Parents Class

  1. Sisca says:

    Hai Olga, aq inget jaman sd dl pnya sahabat pena yg sama dg nama mu, seingatku rumahnya di Pucang Sidoarjo, apakah dirimu say? 😃

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s