Bakso


Malam iniiiii… ku sendiriiii…. eh kliru,udah pagi kekna… Pagi iniii ku sendiriiii… ditemaniii tipi n soulmate 14″… la la la la la… **lupa lirik aslinya,jd rusak kek gini deh he2 😀 hmmm… apakah ini pertanda, pnykt insomnia blum ilang2 jugak dari diri saya, padahal sudah jauh lebih plong dari bulan-bulan sebelumnya, ya sudahlah mungkin ini sisa-sisa kelelahan dalam meraih mimpi 🙂 tapiiiiii celakanyaaaaa sodara-sodara…. saya jadi pwengen banget ama makanan yang namae BAKSO, secara ni makanan paporit saya gtu loh, Coba Kau bayangkan… waktu menunjukkan pukul 00:44 am, daaannnn dimanakah saya bisa menemukan abang tukang bakso, yang ada abang tukang bakso pada ngibrit kalo saya nekat berteriak memanggil si abang sambil melambai-lambaikan tangan, bisa disangka temennya tante sundel ni hahayyyy syerem kekna yak. Hufff akhirnya, saya googling sajah gambar-gambar semangkuk bakso demi memuaskan hasrat yang tak mungkin kesampaian saat ini, sambil menahan acay yang tertelan kembali bergelegak memandang bulatan-bulatan kenyal (baca:pentol) melambai-lambai bak putri Indonesia jalan di catwalk (lebay pwol), Subhannallah trimakasih atas rasa ini Ya Allah, inginku pada semangkuk bakso menuntun pencarian lebih dalam cara pembuatan bakso dan tenyata bakso itu punya sejarah loh… gak kalah deh ma sejarah-sejarah yang tlah akrab semenjak nongkrong di bangku sekolah dasar (lebay lagi niy), Nyooookkkk qta simak sajah, upsss awas ngiler yak huehehehe 😀

BAHAN:
300 GR DAGING SAPI ATAU AYAM CINCANG
3 SDM TEPUNG KANJI (TAPIOCA FLOUR)
3 BUAH BAWANG PUTIH, DIHALUSKAN / 2 SDT GARLIC POWDER
1 BUTIR TELUR, PUTIHNYA SAJA
1 SDT BAKING POWDER SUPAYA BAKSONYA MENGEMBANG BAGUS
1 SDT GARAM HALUS
1 BUAH MAGGI BLOK
MERICA BUBUK SECUKUPNYA
PALA BUBUK SECUKUPNYA

AIR SECUKUPNYA UTK MEREBUS SI PENTOL ^_^

PEMBUATAN:
ADUK SEMUA BAHAN DIATAS DENGAN BLENDER SAMPAI TERCAMPUR RATA DAN LEMBUT. ULANGI BERKALI-KALI SAMPAI HALUS DAN LEMBUT.JIKA TERLALU SULIT DIBLEND, BERI SEDIKIT AIR ES.
SETELAH HALUS DAN MERATA, BENTUK MENJADI BULATAN2 BAKSO (AKA. PENTOL) DENGAN MENGGUNAKAN 2 BUAH SENDOK KECIL.
KALAU MALAS SEPERTI SAYA, ADA CARA YANG LEBIH PRAKTIS;
TARUH SEKEPALAN ADONAN DITELAPAK TANGAN, GENGGAM SEPERTI MENGEPALKAN TANGAN DAN TEKAN SUPAYA MEMADAT, KELUARKAN ADONAN DARI UJUNG KEPALAN (DIANTARA IBU JARI DAN TELUNJUK), POTONG MEMBULAT DENGAN SENDOK KECIL. HASILNYA TIDAK SEBULAT BAKSO YANG DIBULATKAN SATU PERSATU-SATU,TAPI PROSES PEMBULATAN PENTOL JAUUUUH LEBIH CEPAT.

SEJARAH BAKSO (^^,)

Bak + So

dimana Bak artinya daging babi dan So itu Mie + Sup. tapi kemudian di indonesia sendiri daging babi itu dirubah menjadi daging sapi tapi tetap menggunakan kata Bak.

bakso atau yang dikenal dengan meatball mempunyai nama dan cara penyajian yang berbeda beda di setiap negara.

* Di Afghanistan, meatballs digunakan sebagai hidangan tradisional dengan sup buatan rumah.

* Albania digoreng meatballs (Qofte të fërguara)

*Dalam Belgia, meatballs dipanggil ballekes atau bouletten di Flandersdan Brussels dan boulettes atau boulets di Wallonia. Mereka biasanya dibuat dengan saus tomat atau saus dan disajikan dengan french fries,kentang croquettes atau steamed potatoes. small meatball seringditambahkan sebagai hiasan untuk sup tomat.

* Dalam Portugal dan Brazil meatballs dipanggil ‘almôndegas’ dan biasanya digoreng dan disajikan dengan spaghetti.

* Chinese meatballs (secara khusus, suatu hidangan umum di Shanghaimasakan) yang paling sering dibuat dari daging babi dan biasanyasteamed atau direbus, baik apa adanya, atau dengan penambahan kecap.

* Denmark meatballs dikenal sebagai frikadeller dan biasanya digoreng,dan mereka biasanya dibuat dari tanah babi, anak sapi, bawang, telur,garam dan merica, ini dibentuk menjadi bola dan flattened sedikit,sehingga mereka pan siap.

* Di Finlandia meatballs (lihapullat) tanah yang dibuat dengan dagingsapi atau campuran daging sapi dan babi tanah, atau bahkan dengan tanahrusa kutub daging, dicampur dengan breadcrumbs kebasahan dalam susu danbawang dicacah halus. Meatballs biasanya disajikan dengan saus, kentangrebus (atau kentang pure), lingonberry jam, dan kadang-kadang diasamkan ketimun.

* Di Jerman, meatballs dipanggil Frikadellen (di Utara, dari Italiafrittatella) atau Fleischpflanzerl atau Fleischküchle jika Anda telahberada di selatan. In Bavaria , Di Bavaria, Fleischpflanzerl biasanya dibuat dari daging sapi muda, sedangkan sebagian besar wilayah Jerman lainnya menggunakan babi. Di Berlin dan berbagai bagian dari Jerman Timur, nama “Bulette” adalah umum. Yang paling terkenal adalah meatballs Jerman Königsberger Klopse yang berisi anchovy atau ikan asindan dimakan dengan saus caper. Sebuah istilah umum untuk meatballs adalah Hackbällchen.

* Di Austria, fried meatballs dipanggil Fleischlaibchen atau Fleischlaberl.

* Dalam Yunani, fried meatballs dipanggil ‘keftedes’ (κεφτέδες) dan biasanya termasuk dalam campuran bawang dan daun mint. rebusan meatballs dipanggil ‘yuvarlakia’ (γιουβαρλάκια).

* Di Bulgaria, meatballs dipanggil ‘kyufte’ dan biasanya dibuat dari campuran daging sapi dan babi dengan breadcrumbs dan iris bawang. Ada banyak variasi lainnya termasuk berbagai jenis daging cincang dan sayuran.

* Di Iran, beberapa jenis meatball yang dikonsumsi. Jika mereka sudah matang dalam keadaan direbus mereka disebut “kufteh” . Jika digoreng (biasanya meatballs kecil), mereka disebut “kal-e gonjeshki” Kedua jenis tersebut dikonsumsi dengan roti atau beras. Biasanya ditambahkan sayuran dan dalam kasus kufteh, bakso yang biasanya diisi dengan telur rebus atau buah-buahan kering. Ada beberapa (setidaknya 10) jenis kufteh. Yang paling terkenal adalah “kufteh tabrizi”, secara tradisional dari Tabriz di barat laut Iran.

* Di Indonesia, meatballs dipanggil “bakso” yang biasanya disajikan dalam mangkuk, seperti sup, dengan mi, (tahu), telur, ‘siomay’, dan /atau digoreng daging.

* Di Italia, meatballs dikenal sebagai polpette dan biasanya dimakan sebagai hidangan utama atau dalam sup. Bahan utama dari Italia bakso adalah: daging sapi dan babi dan kadang-kadang atau kalkun, garam,merica hitam, bawang putih bubuk, minyak zaitun, Romano keju, telur,bubuk roti dan peterseli, dicampur dan dibentuk menjadi sebesar bolagolf. Dalam Abruzzo Daerah di Italia, khususnya di Provinsi Teramo meatballs yang biasanya ukuran kelereng dan dipanggil polpettine.

* Di Norwegia, meatballs dipanggil kjøttkaker ( “daging cakes”) dan menyerupai frikadeller Denmark.

* Di Filipina, meatballs dipanggil almondigas atau bola-bola dan biasanya disajikan dalam sup vermicelli disebut dengan padi misua,dicampur bawang putih, labu dan babi cincang.

* Dalam Polandia mereka dipanggil “pulpety” atau “pulpeciki” dan biasanya disajikan matang dan dicampur dalam berbagai sauces (seperti tomat atau jenis saus yang dikentalkan menggunakan tepung dan jamur.)dengan kentang, beras atau segala jenis “Kasha” (sejenis bubur yangpopuler di negara-negara Slavia).”Pulpety” biasanya dibuat dari tanah berbumbu daging dengan bawang merah dan dicampur dengan telur dan tepung terigu atau remah roti yang dicampur air. “pulpety” yangdigoreng lebih besar dari yang biasa dimasak.

*Di Swedia köttbullar (meatballs) yang dibuat dengan daging sapi atau campuran daging sapi dan babi dicampur dengan remah roti yang dicampur susu dan bawang dicacah halus. Mereka yang mencampurkan dengan lada putih atau rempah2 dan garam. Swedia meatballs biasanya disajikan dengan saus, kentang rebus, dan kadang2 dengan acar

* Di Belanda, meatball dikenal dengan nama ‘gehaktbal’ ( “chopped(merujuk kepada daging) bola”) dan biasanya disajikan dengan kentang rebus dan sayuran.Kombinasi ini telah hidangan yang paling umum diBelanda rumah tangga sepanjang sejarah.

* di Turki masakan ini memiliki lebih dari 80 jenis meatballs (köfte),

* Di Hungaria, serta dari wilayah negara-negara tetangga Hungaria meatball dikenal dengan nama ‘Fasirt’ atau ‘Fasirozott’ (atau sheertfuh-fuh-Shee-roh-zoh-t) mungkin berasal dari Austria Jerman ‘faschierteLaibchen ‘.

* Di Amerika Serikat meatballs biasanya disajikan dengan spaghetti. diAmerika dalam pembuatannya mereka biasanya dibuat lebih besar daripada meatball di Italia. di Italia, meatballs biasanya sajikan bukan saja dengan pasta, dan gagasan mereka makan bersama di piring yang sama.

Meatball juga ditemukan dalam kumpulan resep Apicius yang katanya merupakan kumpulan resep masakan roma dari akhir abad ke 4 atau awal abad ke 5.

Advertisements

5 thoughts on “Bakso

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s