Pentingnya Menjaga Kesehatan Plasenta, Demi Nutrisi Terbaik Untuk Yang Teristimewa


Pentingnya Menjaga Kesehatan Plasenta, Demi Nutrisi Terbaik Untuk Yang Teristimewa. “Kehamilan tanpa kesehatan Plasenta adalah SEMU.” tukas dr. Boy Abidin, SpOG(K). Mendengar ujaran dokter keren ini sekonyong – konyong rasane makdeg dodo iki (maklum anaknya perasa banget soalnya hehehe). Ati iki mencelos. Seketika memori saia mendarat mulus di peristiwa besar dalam sejarah kehidupan. Flashback. Peristiwa kehamilan saia yang menggemaskan.

Di minggu ke – 38, Janin yang saia kandung udah pengen eksis di dunia, nyari jalan lahir sendiri tapi baru pembukaan kedua lalu macet. Hingga delapan jam kemudian tak ada pembukaan lagi tapi kontraksi jalan terus bikin melilit nahan sakitnya. Diputuskan ambil jalan sectio ajah, saia iyah iyah aja karena udah gak ada tenaga menghadapi kontraksi, maklum dua hari gak bisa tidur (nyari pembelaan, pliisss jangan di bully hahaha).

Alhamdulillah janin saia lahir dengan selamat, sehat, tak kurang suatu apapun. Namun ketika ada buibu saling berbisik, terusik lah hati kecil saia. Perasaan bersalah mulai timbul secara berlebihan, saia kurang menjaga kesehatan selama hamil hingga kondisi anak saia begini ketika lahir (maklumin yak si emak lagi kena sindrom baby blues 😀 ).

Waktu ituh, saia gak mendapatkan penjelasan secara ilmiah maupun psikologis. Gak nanya ke pakar kesehatan seh, gak pede gitu, logika saia tertutupi rasa bersalah berlebih. Hanya menduga duga, mungkin karena ini… mungkin karena itu… 😛 Hingga akhirnya saia berkesempatan menimba ilmu di acara edukasi terlengkap “PRENAGEN Pregnancy Educational Journey” yang diperuntukkan bagi para calon orang tua.

“You are WHAT Your Mother Eat”. Plaakkk. Ketampar saia, iyah nujes banget loh pernyataan ituh. Makin memperjelas permasalahan saia dulu pas hamil, voilaaaa ulalaaaa 😀

“Plasenta adalah penghubung janin dengan ibu, sebagai MEDIA KOMUNIKASI, maka harus diperhatikan kesehatannya karena akan memberikan dampak jangka panjang terhadap janin.” menurut dr. Boy Abidin, SpOG(K)

“Plasenta sebagai ORGAN NUTRISI sehingga nutrisi dalam kehamilan adalah KEHARUSAN.” lagi – lagi menurut dr. Boy Abidin, SpOG(K)

Nah ini ni, mungkin plasenta saia dulu kurang sehat karena asupan nutrisinya terganggu. Selama hamil di empat minggu pertama, saia mulai mengalami mual muntah yang gak bisa diprediksi waktunya. Bukan morning sickness lagi namanya, siang sore malam pun saia muntah terutama habis ngisi perut dan mencium bau yang bikin sensitif hidung. Dan kondisi ini saia alami 5 bulan lamanya.

Dan Plasenta yang berfungsi sebagai Media Komunikasi, sanggup menghubungkan apa yang dirasa sang ibu dan dirasakan pula oleh janin, dan dapat berdampak pada kondisi kesehatan janin. Kondisi STRES misalnya, kebanyakan ibu hamil tidak merasa dirinya sedang dilanda stres, i just fine. Just be carefull Mom 🙂

Lalu, apa seh pentingnya Plasenta bagi ibu hamil dalam kehamilan yang sehat?

  1. Membawa Zat Nutrisi dan Oksigen Kepada Janin. Nutrisi dan Oksigen yang dibawa melalui aliran darah ibu menembus plasenta. Melalui plasenta, nutrisi baik yang dikonsumsi ibu dapat ditransfer ke janin. Begitu pula dengan nutrisi buruk yang dikonsumsi ibu bisa diterima janin.
  2. Membuang Zat Beracun. Melalui plasenta juga, janin dapat membuang zat – zat yang tidak diperlukan seperti karbon dioksida, yang kemudian diteruskan ke aliran darah ibu untuk kemudian dibuang oleh sistem dalam tubuh ibu.
  3. Mekanisme Imunologi (Kekebalan Tubuh). Plasenta sebagai pelindung janin terhadap kuman dan bakteri yang ada dalam tubuh ibu sehingga janin dalam kondisi sehat. Plasenta juga menjadi penghalang agar sel – sel janin tidak masuk ke dalam aliran darah ibu, sehingga janin tidak dianggap sebagai sel asing oleh tubuh ibu.
  4. Produksi Hormon Untuk Perkembangan Janin. Plasenta menjadi organ yang menghasilkan hormon yang diperlukan oleh ibu dan janin selama dalam kandungan. Hormon yang dihasilkan plasenta yakni Hormon Human Placental Lactogen (HPL), Relaksin, Oksitosin, Progesteron dan Estrogen. Udah gak asing kan ya sama hormon itu, klo lupa boleh lah gugling hehehe.

Ada sebuah pertanyaan yang menurut dr. Boy menarik, “Bagaimana mengetahui Plasenta itu sehat?”

Plasenta sehat bisa di deteksi melalui USG. Ada beberapa kriteria plasenta sehat. Ibu hamil bisa menanyakan lebih lanjut kondisi plasenta dengan dokter yang menangani ketika melakukan pemeriksaan melalui USG.

“Kehamilan adalah anugerah terindah dari Sang Pencipta, karenanya mari jaga kesehatan diri dan janin, salah satunya dengan memperhatikan asupan nutrisi.” tutup dr.Boy Abidin,SpOG(K).

Kehamilan Sehat Berawal dari Plasenta Sehat, begitulah hasil penelitian para pakar kesehatan. Yuk buibu yang lagi hamil musti Care sama kondisi plasenta, demi tumbuh kembang janin di dalam kandungan hingga dilahirkan dan sampai akhir hayatnya nanti. Setuju buibuu 😉

Memasuki bahasan Tumbuh Kembang Anak, “PRENAGEN Pregnancy Educational Journey” menghadirkan dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA(K) mengupas mengenai Pengaruh Nutrisi Terhadap Pembentukan Sistem Saraf & Redflag si Kecil. Linier banget yak dengan ilmu plasenta yang sudah dikupas dr. boy tadi. Makin takzim nyimak, walopun kebelet pipis ditahan sebentar deh hehehe pliss jangan ditiru bagian ini.

Sebelum ngajak diskusi lebih lanjut mengenai hubungan erat antara pemberian nutrisi dan tumbuh kembang pada anak, perlu diketahui terlebih dulu Apa seh Tumbuh Kembang itu.

Tumbuh bisa diindikasikan sebagai bertambahnya ukuran fisik anak meliputi berat badan, tinggi badan, lingkar kepala.

Kembang bisa diindikasikan sebagai Bertambahnya kemampuan struktur dan fungsi tubuh meliputi motorik kasar, motorik halus, bahasa, personasosial.

Faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang bisa secara internal yakni genetik, ras, usia, jenis kelamin. Sssstttt ada studi jangka panjang yang menyatakan faktor prediktor IQ anak adalah dari genetik si emak, IQ ibu. Huhuhu saia jadi terharu ni, bahagianya receh banget ternyata hahaha babah pokoke saia bahagia jadi perempuan 😛

Nah untuk faktor eksternal meliputi nutrisi, lingkungan, penyakit dan stimulasi. Faktor eksternal dapat dapat diintervensi seperti status nutrisi ibu selama kehamilan yang akan berdampak terhadap kondisi kesehatan janin. Nutrisi terbaik untuk anak yang baru lahir adalah ASI, yang mana nutrisi ASI ini sangat mempengaruhi pembentukan sistem saraf pusat.

Pada ASI terkandung laktosa yang setelah melalui proses perubahan berperan dalam pembentukan memori jangka panjang. Kolostrum pada ASI mengandung tinggi kolesterol penunjang pembentukan myelin yakni selubung penghantar impuls. Zat besi juga sangat penting untuk perkembangan otak. Ternyata, anak yang kekurangan zat besi pada umur 6 bulan memperlihatkan myelin kurang sempurna sehingga perkembangan anak terlambat.

Oleh karena itu, untuk membentuk anak yang sehat dan cerdas harus dimulai dari masa kehamilan dan menyusui. Buibu musti semangat yak ngASI eksklusif karena ASI memenuhi semua kebutuhan anak dan memiliki komposisi yang lengkap plus tepat untuk anak. Mari berjuang 🙂

Red Flag

Dokter Bowo berpesan, untuk memantau perkembangan saraf baiknya tanyakan kepada dokter setiap kontrol dan ibu harus mengenal Red Flag Perkembangan. Bendera merah, batasan perkembangan yang harus sudah dilewati anak pada usia tertentu.

Seringnya ya buibu ini cemas berlebih ketika anak pas lahir kok di kepalanya banyak lemak tebel banget susah dibersihin padahal itu lemak fungsinya untuk menghangatkan, atau kenapa ada lebam di badan anak yang biasa dikenal sebagai tanda lahir. Atau timbul bintil bintil kecil di pipi kayak jerawat gitu. Percayalah, itu semua gak usah bikin kuatir buibu.

Yang perlu diperhatikan, Waspadalah terhadap ukuran lingkar kepala anak, karena ukuran ini berpengaruh terhadap ukuran otak anak, yang sudah pasti berpengaruh pada kecerdasan anak. Hayoooo masih inget gak berapa ukuran lingkar kepala anak, klo saia seh lupa pas ditanya kemaren hihihi.

“Pemberian Nutrisi dan Stimulasi harus seiring sejalan demi mendapatkan Tumbuh Kembang anak yang maksimal.” pesan dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA(K).

Mengapa Olah Raga itu Penting Bagi Ibu Hamil ?

Berolah raga di masa kehamilan adalah salah satu kunci utama untuk menjaga kesehatan janin dan bisa melalui proses persalinan yang lancar. Kehamilan adalah proses kerja keras bagi fisik seorang ibu. Tidak hanya waktu persalinan aja yang sangat membutuhkan kemampuan fisik hebat tetapi masa pemulihan pasca kelahiran seiring dengan tuntutan ibu mengurus bayi.

Pada acara “PRENAGEN Pregnancy Educational Journey” ini diperkenalkan senam PRENAFit yang udah pasti memiliki asas kemanfaatan yakni membantu ibu istirahat dengan tenang, mencegah kenaikan berat badan berlebihan, meningkatkan stamina dan kekuatan otot yang dibutuhkan saat proses persalinan, kemungkinan mengurangi risiko terjadinya diabetes gestasional dan tekanan darah tinggi pada saat hamil, dapat mengurangi resiko bayi lahir dengan berat badan lebih dari rata – rata / fetal macrosamia.

Senam PRENAFit dipandu oleh Mbak Adianti yang sedang hamil juga loh 🙂

Dampak senam PRENAFit pada bayi dapat menurunkan risiko obesitas di kemudian hari, dikarenakan ketika lahir kadar lemak tubuh bayi tidak berlebihan. Bayi lebih tenang dan memiliki skor kecerdasan umum lebih tinggi dan kemampuan bahasa lisan yang lebih baik sampai ke usia 5 tahun. Yuk luangkan waktu mengolah raga biar gak kaku badannya, janin pun turut riang gembira 😀

Tingtong… Tingtong… Bel berbunyi, ada tamu datangberkunjung ni, sapa yaaaa…… 🙂

Huwooowww….. Tak hanya menghadirkan ketiga pakar di bidangnya masing – masing, “PRENAGEN Pregnancy Educational Journey” pastinya menghadirkan Brand Ambassador PRENAGEN, Andien, publik figur yang melejit dan dikenal sebagai penyanyi pop jazz kenamaan negeri ini. Standup applause dulu rek biar makin semarak menimba ilmu **prok prok prok 🙂

Andien hadir ditengah – tengah audiences mau sharing session pengalaman menjadi orang tua baru. Udah pada tau kan beberapa waktu lalu Andien sukses melahirkan dengan metode yang jarang digunakan khalayak umum, tapi sukses membuka wawasan saia ternyata bisa ya melahirkan melalui proses itu. Dan Alhamdulilah ya sampe sekarang Andien masih menyusui si Kawa eksklusif loh, Hebaaatt 🙂

Andien mengungkapkan rahasia besar dalam hidupnya. Ternyata Andien sudah mengkonsumsi susu PRENAGEN sejak merencanakan kehamilan, dan sampe sekarang mengkonsumsi susu yang membantu nutrisi selama menyusui. Sejak tau hamil, Andien benar – benar menjaga kehamilannya dengan baik. Ditambah Andien memiliki support system yang sangat baik, yakni suami siaga yang selalu menemani dan membantu Andien dalam segala hal.

Menurut Andien, suami nya selalu siap siaga di dekatnya. Kapan Andien butuh relaksasi, suaminya akan membantu supaya Andien bisa relaks. Atau ketika lagi pengen makan apa, suami juga sebisa mungkin memenuhi kebutuhan Andien. Duuhh kompak banget yak, yaiyalah kan demi si buah hati. Di kesempatan ini, suami Andien juga menemani loh tentunya baby Kawa juga ikut dunk. Untungnya kebanyakan audiences juga hadir bersama suami jadinya enggak baper lah ngeliat kemesraan mereka 😀

Gak cuman Andien aja loh yang datang ditemani suami, Mona Ratuliu, yang didapuk menjadi MC dan moderator di acara “PRENAGEN Pregnancy Educational Journey” juga ditemenin sang suami, mas Indra Brasco, Duuuhhh seneng banget loh ngeliat publik figur yang selalu kompak sama pasangannya. Mbak Mona ini pernah juga menjadi Brand Ambassador PRENAGEN loh 🙂

Tingtong…. Tingtong…. Eh bel berbunyi lagi, sapa ya yang datang berkunjung….

Surprise! Muncul sosok Bapak Wakil Gubernur Jawa Timur yang akrab dipanggil Gus Ipul. Duuh suatu kehormatan banget ni bisa hadir, Gus Ipul juga seneng banget ternyata diundang ke acara “PRENAGEN Pregnancy Educational Journey” ini, karena apa? Karena gembira ada sebuah acara yang membantu memberikan edukasi kepada ibu hamil dan support systemnya, bahwa betapa pentingnya menjaga dirinya dan janin selama kehamilan dengan memperhatikan asupan nutrisi yang kelak sangat mempengaruhi kualitas hidup anak.

Gus Ipul pake topi putih, keliatan semangat banget 🙂

Menurut Gus Ipul, angka kematian ibu dan anak masih sangat perlu perhatian khusus. Namun beberapa waktu ini di Provinsi Jawa Timur sudah mengalami penurunan. Tetapi masih butuh kerja keras untuk menekan angka kematian ibu dan anak ini. Diharapkan semua ibu hamil memiliki edukasi yang cukup dan lengkap agar memiliki harapan hidup sehat demi ibu sendiri dan janin. Tak lupa, Gus Ipul mengucapkan terimakasih atas perhatian dan partisipasi semua pihak yang membantu edukasi ini. Dan juga untuk ibu hamil yang mau meng-edukasi dirinya agar kelak melahirkan generasi penerus bangsa yang sehat dan cerdas berkualitas. Happy to see u, Sir 🙂

Mengapa Minum Susu ?

Di awal saia bercerita tentang kondisi kehamilan yang menggemaskan terutama di fase mual muntah yang sempet bikin panik. Ternyata Andien juga mengalami fase mual muntah juga di kehamilannya. Kisah kita memiliki kesamaan yak hehehe 😛 Tapi beneran loh fase mual muntah ini bikin panik banget, lah gimana… ibu hamil pasti membutuhkan nutrisi lebih banyak untuk dirinya dan janin, lah klo tiap kali makan mual muntah ya gimana bisa nutrisi ini sampe ke janin sebagai makanan utamanya.

Solusi fase mual muntah ini seh buat saia lebih enak minum susu ya, disamping saia emang suka mengkonsumsi susu. Nah untuk membantu memenuhi kebutuhan dan kekhawatiran ibu di setiap tahap kehamilan, rangkaian produk PRENAGEN dengan formula PRENAPRO dirancang khusus sesuai dengan Standard Nasional Indonesia (SNI) dengan varian terlengkap untuk minuman khusus ibu hamil dan menyusui sebagai solusi nutrisi Ibu dan Janin di awal 1000 Hari Pertama Kehidupan.

PRENAGEN Esensis, Persiapkan nutrisi ibu agar kondisi tubuh siap untuk proses tumbuh kembang janin yang akan dikandung.

PRENAGEN Mommy Emesis, Nutrisi dengan kandungan protein dan vitamin B6 yang sudah teruji klinis dapat mengurangi frekuensi mual dan muntah sehingga nutrisi ibu dan janin tetap terpenuhi.

PRENAGEN Mommy, Selama kehamilan perkembangan janin bergantung sepenuhnya pada status Gizi ibu untuk tumbuh kembang yang optimal.

PRENAGEN Lactamom, Agar kuantitas dan kualitas ASI optimal, varian ini dilengkapi dengan Vitamin B2 dan B12 untuk membantu produksi ASI serta Omega 3 dan DHA untuk kecerdasan otak anak.

Launching HALLO BUMIL, Aplikasi Untuk Para Calon Ibu

Aplikasi HALLO BUMIL merupakan aplikasi pendamping kehamilan pertama di Indonesia yang interaktif dan memberikan informasi kepada ibu yang sedang hamil, tepat pada waktunya. Aplikasi ini dikembangkan bekerjasama dengan tim medis berpengalaman yang memahami perjalanan kehamilan. Melalui aplikasi ini berusaha mengakomodir kebutuhan para calon ibu dari kacamata medis, melalui fitur seperti Kontrol Kehamilan dan Artikel dengan fungsi bahasa yang mudah dipahami dan digunakan.

Beberapa booth tersedia memeriahkan “PRENAGEN Pregnancy Educational Journey”

Chef Eddrian, Healthy Lifestyle Chef. “Memasak bukan cuma sekedar hobby tapi sudah men-DNA”

Buibu dipersilahkan icip icip varian susu PRENAGEN

Ada playground untuk anak -anak biar gak bosen selama mengikuti acara

Tempat bebas berekspresi 😀

Diajarin caranya pijat bayi

“PRENAGEN Pregnancy Educational Journey” dari tahun ke tahun selalu berusaha menciptakan edukasi menarik bagi ibu hamil, dan juga banyak kejutan – kejutan seru di tiap acaranya. Semoga tahun depan bisa lebih baik lagi, dan makin banyak ibu hamil yang ter-Edukasi karenanya. Sampai jumpa tahun depan wahai ibu hamil, Doakan saia ya semoga jadi ibu hamil 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Pentingnya Menjaga Kesehatan Plasenta, Demi Nutrisi Terbaik Untuk Yang Teristimewa

  1. Beruntung bgt yaaa suami andien perhatian bgt. Jadilah kawa si balita sehat karena asupan nutrisi yg cukup, terbantu oleh prenagen…

    Wah suasana PPEJ seru bgt. Moga taon depan ada lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s