Seminar Awam Pentingnya Pijat Bayi


Hii mommy & daddy

Memiliki bayi yang sehat, cerdas dan berkembang dengan baik adalah keinginan dari semua orang tua. Tapi bagaimana cara kita agar itu terwujud?

Ikutilah seminar awam “Pentingnya Pijat Bayi Bagi Kecerdasan Otak dan Tumbuh Kembang yang Optimal”

Narasumber dr.Dian Pratamastuti, Sp.A

Hari       : Minggu, 14 September 2014

Jam        : 09.30-12.00 WIB

Tempat : Hall Mom n Jo Surabaya, Jl. Prapanca 36 Surabaya

tingtung…tingtung…

Sebuah broadcast message menghampiri henpon saia, tak dinyana saia begitu gembira membacanya. udah lama saia tunggu-tunggu momen ini, eciyeee kayak apaan aja yak hehe. isinya, seminar pijat bayi bla bla bla…. Nanya ini itu ke eMbak-eMbak adminnya langsung cuuuzzz daftar for 2 person, paket hemat ajiiiibbb 😛

Beres deh tinggal menanti hari H yang penting jangan sampe lupa hahaha 😀

Beberapa hari kemudian, sebuah undangan diterima eng ing eeenngg….

Emmm acaranya passs banget di hari dan jam yang sama, galau sempat menghampiri sesaat but ahaaaa… knapa gak sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui saja ibarat pepatah (hihi lebay). yasudah akhirnya qta menentukan prioritas acara, dateng ke seminar dulu aja kan gak mungkin saia mengharapkan delay suatu acara seminar hihi.

Jam 09.20 wib udah standby di lokasi, sempet muter-muter nyariin alamatnya. udah lama pindah seh cuman saia ini gak apdet , trakhir kali pake jasa terapis mom n jo sekitar setahun yang lalu eh lebih ding hihihi **dilemparVoucher 😀 enaaaakkk banget loh spa ama terapis disini, secara ya bersertifikat internasional, sepadan lah ama tarif yang aduhai hehe.

aaarrgghh syifa, anak perempuan shalehahku yang lucu nan imut memanfaatkan waktu luang ini untuk meng-eksplorasi ruangan yang dipenuhi pernik-pernik menarik dan tak lupa mencicipi naek turun tangga **fiuh hehe. Asli loh tempat yang sekarang ini keren banget dibanding yang dulu **jempooll 😉

Seminar pun dimulai…. rada telat coz nungguin MC nya kagak dateng-dateng ni. Dokter Dian pun menyapa, endeesss banget pembawaannya, so natural. Banyaaaakkk banget ilmu yang saia dapat, gak rugi deh. Karena syifa lagi aktif-aktifnya bergerak kesana kemari, jelas kagak bisa duduk manis dengerin seminar. Alhamdulilah misua yang menemani putri kesayangan, emaknya biar upgrade ilmu ajah *modus hihi.

Fakta membuktikan, Golden period berkisar usia 0 – 3 tahun. Di masa-masa ini anak bisa menerima stimulus dengan baik dan mudah, peniru ulung. Nah, pijat bayi merupakan stimulus yang penting untuk tumbuh kembang anak. Banyak banget manfaatnya, dan dokter Dian memiliki niat besar untuk mendengungkan pentingnya pijat bayi.

Pijat bayi itu gampang banget, bisa dilakukan oleh siapa saja, orang-orang terdekat bayi. Gak harus ke tempat spa bayi apalagi pijat-pijat ala kadarnya yang gak memiliki sertifikat. Pijat bayi ini bisa meningkatkan bonding orang tua dengan anaknya karena dilakukan dengan kasih sayang, belaian dan sentuhan lembut. Ingat ya, sentuhan. bukan pijat bertenaga ala orang dewasa gitu, pesan yang digaris bawahi oleh dokter Dian.

Pijat bayi dilakukan dengan kesadaran dua belah pihak, ibu dan bayi. Hindari memijat bayi ketika dalam kondisi ngantuk, lapar, rewel, sehabis makan/minum susu. Ibu yang sedang tidak fresh, banyak pikiran, stres juga tidak dianjurkan memijat bayi nya.

Trus gimana caranya pijat bayi bisa meningkatkan kecerdasan otak?

Emmm gini ya, ketika kulit bayi disentuh dengan lembut dan penuh kasih sayang, hormon penerima di kulit mengirimkan sinyal-sinyal positif ke otak. Otak menerima rangsangan sinyal tersebut dan mengolahnya, itu yang dinamakan hormon endorphin. Hormon ini sanggup melepaskan stres pada bayi. eits jangan salah loh, bayi juga bisa stres.

Saking banyaknya teknik pijat bayi, dokter Dian akhirnya membeberkan hanya 3 teknik saja. Teknik dasar yang bisa meminimalkan keluhan-keluhan bayi pada umumnya, antara lain :

1. Pijat “I Love U”, bermanfaat untuk mengurangi gangguan pencernaan semacam nyeri perut, dan lain-lain. Gampang banget prakteknya, pertama, sentuh perut bayi membentuk huruf I naik turun, lalu bentuk huruf L terbalik dari atas ke bawah, terakhir sentuh perut membentuk huruf U terbalik. Pembuangan gas ada pada perut kanan, jadi sentuhan berakhir di perut kanan.

2. Pijat kupu-kupu, bermanfaat untuk mengurangi gejala pernafasan. agak bingung ni ngejelasin tekniknya hehe.

3. Pijat untuk mengurangi masalah pada wajah, misal, mata bayi belekan. Gak perlu obat tetes mata sebenarnya apalagi obat telan semacam antibiotik, dengan pijat bayi bisa diatasi tapi jangan lupa cek kondisi fisiologis bayi apapun keluhannya.

Nah, apa aja seh yang perlu dipersiapkan untuk pijat bayi, dikasih nih tips-tips penting, cekidot kawan….

Yang pertama, Waktu yang tepat di pagi dan malam hari. Kedua, Ruangan hangat dan nyaman. Ketiga, Sediakan alas yang rata dan lembut pastinya. Keempat, Tangan yang aman selama memijat misal ya cuci tangan, gak pake cincin,dll. Kelima, pake minyak pijat yang sesuai dengan kulit bayi. Keenam, Posisi ibu juga harus nyaman dan santai.

Akhir sesi dokter Dian masih banyak emak-emak yang mau konsultasi termasuk saia, merembet ke smua permasalahan anak, gak hanya tentang pijat saja, ya maklum lah mumpung ktemu dokter anak hehe. Sesi berikutnya, terapis dari mom n jo mempraktekkan pijatan-pijatan gampang yang bisa dicoba sendiri dirumah.

Oia, menurut dokter Dian, sesering mungkin anak dipijat, pagi dan malam hari waktu yang baek bermesra-mesraan sama anak 😀

Well, penting banget kan tema seminar kali ini. Dokter Dian sengaja memberikan waktu banyak untuk sesi tanya, mengupas tuntas permasalahan emak masa kini. Dan senengnya lagi, seminar ini gak berakhir disini saja. Akan ada seminar-seminar selanjutnya, tunggu saja kabar gembiranya. yess, i will 😀

Mamah n Syifa :*

Mamah n Syifa :*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s