2 Babak Dalam Menyediakan Gizi Terbaik Pada Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan


2 Babak Dalam Menyediakan Gizi Terbaik Pada Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan. Eh bentar, jangan bosen yak sama bahasan yang ini lagi ini lagi hehehe. Tema Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan emang udah friendly banget yak di telinga tapi hebatnya, Iyah ini hebat, setiap talkshow yang berbeda selalu bisa menyajikan informasi yang menarik dan gak bikin bosen.

Lalu, Apa pentingnya seh selalu tema ini ini saja yang digaungkan? Sinih sinih saia ceritain yak 😀

Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan atau yang biasa dikenal, 1000 HPK, Erat kaitannya dengan Pemberian Gizi Terbaik. Gizi Terbaik itu yang gimana ya? Menurut Wikipedia, Gizi atau yang biasa disebut dengan Nutrisi merupakan substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan.

Dalam rangka Hari Gizi Nasional 2018, Nutrisi Untuk Bangsa mengadakan Talkshow Kesehatan “Menyediakan Gizi Terbaik dalam Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)” bertempat di Bangi Kopitiam, jalan Walikota Mustajab Surabaya.

Bapak Arif Mujahidin Membuka Talkshow Hari Gizi Nasional 2018

BABAK PERTAMA

Talkshow kali ini menghadirkan seorang dokter spesialis anak,  dokter Nuril begitu biasanya disapa. Dokter Nuril ngajak kita semua melek informasi bagaimana praktik pemberian makanan pada anak di 1000 HPK. “Apa pentingnya 1000 hari pertama kehidupan?” tanya dokter Nuril.

Nyatanya 1000 HPK ini memegang peranan vital dalam menentukan masa depan anak. Perhitungan hari pertama dari seribu hari ini dimulai saat janin mulai mengukuhkan diri didalam rahim hingga anak berusia 2 tahun. Jadi janin perlu diperhatikan asupan nutrisinya untuk dapat bertumbuh dengan sempurna.

“Anak bukan MINIATUR orang tuanya.” Maksudnya, Anak berbeda dengan orang tuanya, anak butuh tumbuh dan berkembang optimal. Dan setiap pertumbuhan dan perkembangan secara spesifik pasti berbeda. Kebanyakan orang tua mengeluhkan tumbuh dan kembang anaknya terhenti di usia 2 tahun, Itu Wajar kok, sekali lagi dikatakan klo setelah usia 2 tahun tumbuh dan kembang anak tak lagi signifikan.

Apa dampak tidak terpenuhinya nutrisi di awal kehidupan anak ? Nutrisi bisa diibaratkan sebagai bahan bakar untuk tumbuh dan kembang anak. Kekurangan nutrisi pada anak bisa menyebabkan gangguan metabolisme, perawakan anak pendek (stunting), dan yang pasti anak gampang terpapar penyakit misalnya pneumonia, diare, dll.

ASI merupakan nutrisi terbaik untuk bayi sampai dengan usia 6 bulan.

Menginjak usia 6 bulan, anak mulai dikenalkan makanan pendamping selain ASI, biasa disebut dengan MPASI. Ada dua jenis nutrisi yang dibutuhkan anak, yakni : Zat Gizi Makro dan Zat Gizi Mikro. Zat Gizi Makro fungsinya sebagai sumber energi, misalnya karbohidrat dan protein. Sedangkan Zat Gizi Mikro fungsinya sebagai sumber vitamin dan enzim penyangga zat gizi makro, misalnya lemak yang pengenalannya tidak sebanyak zat gizi makro.

Nah buibu pasti pernah kan ngalamin anak susah makan alias Gerakan Tutup Mulut (GTM), ndak usah bingung seh klo masih dalam kurung waktu dua minggu, mungkin anak cenderung bosan dengan menu makanannya. Perlu diwaspadai klo udah sebulan GTM, lebih baek konsultasi ke dokter. Bisa jadi waktunya orang tua untuk memantau kondisi anak, sapa tau anak trauma dengan makanan tertentu, misalnya pas habis makan nasi lalu perut anak jadi gak enak rasanya, dll.

Apakah genetik orang tua pasti diwariskan ke anak ? Genetik orang tua hanya 20% saja yang diwariskan, selebihnya tergantung bagaimana orang tua memberikan stimulasi pada anak. Jadi, orang tua gemuk belum tentu anak juga pasti gemuk 😉

Saia 🙂

BABAK KEDUA

Talkshow kali ini menghadirkan narasumber seorang bidan profesional, bu bidan Atik. Loh, apa hubungannya periode 1000 HPK sama profesi bidan. Ternyata ooh ternyata saling keterkaitan erat sekali 😀

Bu bidan Atik ngasih pernyataan yang agak nyentil, “Jadi yaaaa sebelum ibu ibu hamil, ada baiknya persiapkan nutrisi calon ibu hamil. Konsultasi ke bidan tentang perencanaan kehamilan, biar janin berada di dalam lingkungan nutrisi yang baik.” Saia ngowoh, iyoh ya kok belum eksyen konsultasi ke ahlinya soal perencanaan kehamilan 😀

Klo soal fisik, pemenuhan nutrisi pada ibu hamil sudah jelas ya, gak bisa ditawar lagi. Ibu hamil WAJIB memberikan nutrisi yang cukup pada janin dalam kandungannya. Mengapa ? Ya soalnya didalam perut ibu hamil gak ada restoran, kemana janin mencari asupan nutrisi klo enggak dari ibu yang memberikan. Betul apa betuuuullll hehehe.

Keluhan ibu hamil salah satunya Anemia, disebabkan kekurangan zat besi. Zat gizi yang dimaksud yakni vitamin B12 dan Asam Folat, makanya ya klo ke dokter/bidan pasti dikasih resep dua vitamin itu, jadiiiiii Wajib dikonsumsi habis dua zat gizi tersebut, inget ya buibuuuu 😉

Apakah Anemia? Suatu kondisi tubuh dimana kadar hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah lebih rendah dari standar yang seharusnya. Kondisi ini disebabkan rendahnya konsumsi makanan kaya sumber zat besi dan protein seperti daging, ikan dan unggas. Bisa jadi karena pengeluaran zat besi dari tubuh meningkat yang sering diakibatkan karena menderita kecacingan, dan di daerah endemis menderita malaria.

Lain fisik, lain pula mental ibu hamil. Ibu hamil Wajib memiliki suporter di masa kehamilannya, setidaknya Suami Siaga yang menjaga ibu hamil dan calon bayi nya. Mengapa begitu? Karena ibu hamil rentan stres, segala yang dialami dan dilakukan oleh ibu hamil mempengaruhi kesehatan masa depan anak.

Melalui bu bidan Atik, saia baru tau loh klo ternyata ada Undang – Undang yang melindungi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Pemerintah melalui UU RI No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, Pasal 131, Pasal 132, Pasal 133 mengatur kewajiban dalam pemeliharaan kesehatan bayi dan anak. Upaya pemeliharaan kesehatan bayi dan anak ini menjadi tanggung jawab dan kewajiban bersama orang tua, keluarga, masyarakat dan pemerintah. Alhamdulilah ya 🙂

Nah ketika pemeriksaan kesehatan ibu hamil di bidan itu ngapain aja seh, saia tulisin ya berdasarkan paparan bu bidan Atik 🙂

STANDAR PELAYANAN ANTENATAL

  1. Timbang Badan dan Ukur Tinggi Badan
  2. Ukur Tekanan Darah
  3. Nilai Status Gizi (ukur LILA)
  4. (ukur) Tinggi Fundus Uteri
  5. Tentukan Presentasi Janin dan Denyut Jantung Janin
  6. Skrining Status Imunisasi TT (dan Pemberian Imunisasi TT)
  7. Pemberian Tablet Besi (90 Tablet selama kehamilan)
  8. Test Lab Sederhana (Gol Darah, Hb, Glukoprotein Urin)
  9. Tata Laksana Kasus
  10. Temu Wicara (Konseling)

Last but not least, Pesan penting bu bidan Atik, Selama kehamilan hendaknya prioritas ibu dan janin adalah KOMUNIKASI. Komunikasi apapun, sekecil apapun seremeh apapun itu ternyata penting bagi pertumbuhan janin. Misalnya ya, ibu mau makan yaudah jangan lupa kasih tau janin, “Adeek yuk makan sama mamah, biar adek makin sehat.” dan masih banyak lagi.

DEMO MASAK

Asyiiiikkk banget loh talkshow ini, habis disiram banyak ilmu terus dibagiin resep nutrisi sehat yang lengkap dan berimbang, dipraktikin langsung pula sama chef berbakat 🙂

Puding Labu Susu

Ibu Alina Pujawati ini pemenang lomba kreasi resep gizi sehat di internal Danone. Dalam kesempatan ini, ibu Alina unjuk kebolehan menghasilkan makanan sehat bergizi sebagai penambah daya tahan tubuh. Bahan – bahannya pun gak susah, ada di sekitar kita, salah satunya susu SGM yang notabene susu yang diminum anak saia hehehe.

Begitu saia cicipi puding ini, omaigat enak loh, ringan banget di lidah. Gak perlu waktu lama ngabisinnya, laper apa doyan hahaha 😛

Ayam Pesto Kelor Katuk dan Carrot Cake Dessert

Demo masak belum usai, kali ini giliran dua chef muda berbakat unjuk gigi. Chef Rissa dan Chef Revaldi. Keduanya dikenal sebagai chef yang memiliki visi dan misi mengenalkan rempah – rempah asli Indonesia ke kancah Internasional. Standing applause saia buat mereka berdua 🙂 Ada alasan yang mendasari kecintaan mereka dengan rempah khas nusantara, dan itu pada akhirnya mengiringi langkah mereka menemukan passion nya. Great!

Bahan – bahan yang digunakan pasti lah organik semua ya. Chef Rissa dan chef Revaldi punya tips n trik masing – masing dalam menghasilkan makanan terbaiknya. Dan ternyata chef Rissa ini punya tanaman organik sendiri dirumahnya, jadi klo mau masak tinggal petik aja. Meminimalkan sayuran yang terpapar pestisida.

Ayam Pesto Kelor Katuk

Carrot Cake Dessert

Overall, yummy banget masakan chef Rissa sama chef Revaldi, ketagihan loh saia saking yang bisa dicicipi cuman dikit hahaha. Penasaran sama resep dan cara masaknya, kepoin gih instagram cheff Rissa sama chef Revaldi.

Yuk Peduli Kesehatan ibu hamil dan janin selama periode 1000 Hari Pertama Kehidupan 😉

Advertisements

4 thoughts on “2 Babak Dalam Menyediakan Gizi Terbaik Pada Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s