Peduli Gizi Seimbang Yuk


Apa seh Gizi Seimbang itu?
Apa bedanya dengan 4 Sehat 5 Sempurna?

Sejak awal tahun 1990-an, pola makanan 4 sehat 5 sempurna sudah tidak relevan lagi digunakan karena susunan makanan yang terdiri atas 4 kelompok tersebut belum tentu sehat, bergantung pada porsi dan zat gizinya apakah telah sesuai kebutuhan. Dan susu bukan makanan sempurna karena termasuk sumber protein hewani yang banyak didapat pada telur, daging, ikan. Untuk itu susu dikelompokkan pada sumber protein hewani lainnya.

Indonesia mulai mengadopsi konsep Pola Gizi Seimbang di tahun 2009 sesuai UU Kesehatan No.36 Tahun 2009. Gizi Seimbang merupakan susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan dan berat badan ideal.

Sabtu, 06 Pebruari 2016. Bertempat di Aula Grand Kahuripan Lt.3 Kantor Manajemen Universitas Airlangga Kampus C Mulyorejo Surabaya, seminar dengan tema “Mewujudkan Gizi Seimbang Menuju Bangsa Sehat Berprestasi” diselenggarakan sebagai rangkaian peringatan Hari Gizi Nasional 2016.

PERGIZI PANGAN Indonesia, PT. Sarihusada Generasi Mahardhika (sarihusada) dan Departemen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga menggelar seminar ilmiah populer untuk mendukung peningkatan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan gizi seimbang.

tumpeng-gizi-seimbang-2014

Tumpeng Gizi Seimbang

Prof. Hardinsyah selaku Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia memaparkan, “Konsumsi buah dan sayur serta pangan hewani seperti ikan, telur dan susu pada masyarakat Indonesia tergolong rendah padahal salah satu prinsip utama gizi seimbang adalah mengkonsumsi beragam makanan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan zat gizi makro dan mikro.

Prof. Hardi menggarisbawahi bahwa masyarakat Indonesia ini sangat kurang asupan protein hewani, sayur dan buah. Mengapa? Kembali lagi ke persoalan kesadaran masyarakat akan manfaat asupan tersebut. Diungkapkan sebuah fakta, mengapa ada anak yang tidak suka mengkonsumsi sayur dan buah? Prof. Hardi mengajak para ibu hamil untuk intropeksi diri, pola makan selama hamil juga mempengaruhi pola makan janin yang dikandungnya. Intinya jika ibu hamil tidak suka mengkonsumsi sayur dan buah maka kemungkinan besar anak juga berlaku demikian πŸ˜€

Bapak Edy Purwanto, Badan Ketahanan Pangan Prov. Jatim, menjelaskan, “Ketahanan pangan seseorang dapat tercapai apabila aspek ketersediaan, keterjangkauan, pemanfaatan dan stabilitas pangan terpenuhi. Oleh karena itu berbagai program yang mengandung empat aspek tersebut terus dikembangkan untuk mewujudkan status ketahanan pangan suatu negara sampai level rumah tangga.”

Salah satu inovasi yang dikembangkan yakni, Beras Cerdas. Beras Cerdas sebagai bahan pangan pokok alternatif pengganti beras memiliki 5 konsep, Cerdas bahan baku, Cerdas proses, Cerdas cara masak, Cerdas pemanfaatan bagi kesehatan, Cerdas untuk kepentingan nasional.

Beras Cerdas

Menghadapi MEA, mari bersama-sama wujudkan Kedaulatan Pangan Nasional

Bapak Edy Suroso, Seksi Gizi Dinas Kesehatan Prov. Jatim dalam paparannya bertopik Permasalahan dan Program Gizi Terkini menjelaskan, “Telah banyak program yang dibuat untuk menanggulangi permasalahan gizi di wilayah Jawa Timur. Sampai saat ini program bersifat preventif melalui upaya promosi kesehatan lebih ditingkatkan karena upaya pencegahan dengan meningkatkan kewaspadaan tentang masalah gizi lebih baik daripada pengobatan.”

Menurut pak edy suroso, isu kesehatan yang masih sering ditemui adalah Balita Gizi Buruk, data tersebut didapat ketika balita-balita tersebut datang ke posyandu. Lah klo balita yang gak datang ke posyandu gimana dunk, yuk yang punya balita diajak maen ke posyandu πŸ˜€

Dr. dr. Sri Adiningsih MX, MCN, Dosen Senior dari Departemen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, mengatakan, “Upaya perbaikan gizi memerlukan dukungan berbagai pihak. Karena itu Departemen Gizi FKM Universitas Airlangga menyambut baik dan mendukung seminar ini, dengan harapan dapat meningkatkan pengetahuan dan awareness tentang permasalahan dan program gizi terkini untuk hidup sehat berprestasi serta pentingnya konsumsi pangan hewani, buah dan sayur serta melakukan aktivitas fisik dalam mewujudkan bangsa sehat berprestasi”.

Contoh Promosi Kesehatan

Contoh Promosi Kesehatan

Yuk bantu edukasi masyarakat mengenal Gizi Seimbang πŸ™‚

Advertisements

2 thoughts on “Peduli Gizi Seimbang Yuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s